Throwback

Long Distance Marriage

Ke trigger nulis ini karna temen satu kantor curhat, sedih melow mau ditinggal ke luar kota ama cuamiknyaa. Ditinggalnya 3 hari hahaha. Tiga hari tapi menangisnya meuni mellow. Aku dong, 1 tahun ditinggal kerja ke luar kota 🤣🤣

Dipaksa Long Distance Marriage ama orang tua (ini judul yang bener).

Tahun 2018, pas lagi anget-angetnya jadi pengantin baru dan hamil anak pertama, tau-tau dipaksa LDM. Janganlah diceritakan gimana drama penolakan saya untuk LDM, drama banget. Bisa-bisa inner child saya kumat.

Waktu ada tawaran kerja di luar kota (yang jaraknya 10 jam perjalanan bila naik kereta), suami langsung OKE, orang tua OKE, keluarga besar OKE, yang nggak oke ya saya doang. Giliran saya mau resign dan ikut suami, semuaa NGGAK OKE. Cuih!

Orang-orang bilang saya banyak drama, yahhh gimana nggak drama. Terlanjur nempatin rumah yang kegedean bila ditinggali sendiri. Awalnya niat ambil rumah karna kan mau punya anak, jadi biar suasananya nyaman. Sebelumnya ngekos dan sempit. Eh Setelah pindah rumah, suami pergi ke luar kota. Saya? Sendirian di rumah itu. Mana jarak jauh dari tempat kerja, jauh pun dari teman-teman. Mati gaya banget gegoleran tiap hari tanpa temen. Tau gitu kan nggak perlu ambil rumah. Lanjut aja ngekos ama bestie-bestie sambil ghibah sepulang dari kerja. Kalo disini, justru saya jadinya berghibah ama jin ifrit.

Udah gitu, air pam nya bermasalah. Selokan belakang bermasalah, dapur bocor dan banjir. Rumahnya gedee tp yang tinggal di rumah itu saya seorang. Gimana nggak stres 😭 Belom bisa pasang gas, jadi waktu gas bocor saya lari pinjem suami tetangga T____T. Untung si Ibu berbaik hati minjemin lakinya ke saya. Kalo lagi hujan, beuh…. galau. Hujan + mati lampu? Bye!

(Harusnya mah adaa foto air pam yang coklat, ntar deh dicari di galeri)

Saya mohon-mohon ama orang tua agar bisa resign, tapi nggak acc. Sepertinya harga diri orang tua saya dipertaruhkan kalo anaknya pengangguran wkwkwk.

Hampir tiap hari nelpon suami buat mengeluh. Nelpon, gak diangkat, ovt, repeat. Telpon, diangkat, mengeluh, nangis, repeat. Sampai saya bawa satu temen kantor buat tinggal serumah ama saya, dengan keberatan teman saya mau nemenin saya. Jarak rumah dan kantor jauh jadi beberapa temen saya agak males kalo harus berangkat kerja dari rumah saya T____T

Saya menjalani hari-hari dengan “Ya allah… ya Allahh” dan ternyata saya bertahan LDM sampai 10 bulan hahahahaha. Tuh bisaaaaa!

Diem-diem urus surat resign. Tanpa persetujuan orang tua dan yahhh emang gak butuh persetujuan dari orang tua sih. Suami akhirnya acc kalau saya resign (sebelumnya ikut2an orang tua, gak acc saya resign). Diam-diam sebar lamaran di kota suami. Yah meski semua harus mengulang dari 0, nggak papa. Asal ada yang benerin atap bocor, pasang gas, pasang lampu, air pam yang kotor, nemenin ngobrol, pokoknya semua pekerjaan laki lah. Alhamdulillah surat resign cepet banget di acc HRD. Sepertinya HRD ikutan pedih hatinya ngeliat saya galau ditinggal suami ke luar kota.

Sebulan pasca mengajukan resign, semua surat-surat sudah ada ditangan saya termasuk berkas untuk pencairan bpjstk. Ekspektasi saya, selesai urusan resign beres, saya langsung cusss nyusul suami ke Karawang. Faktanya, NGGAKK 😫

Bapak saya masih nggak ikhlas ditinggal anak cewek satu-satunya merantau. ADDAAAAA AJAA alasannya buat nahan saya pergi.

Saya ditahan-tahan nggak bisa pergi sampai berbulan-bulan. Kata bapak saya,”Karawang itu kumuh, nggak baik buat mental kamu dan anak anak nanti”.

Karawang dalam benak Bapak,

Source : Google

Karawang yang sesungguhnya,

Source : Google

Saya ditahan di Rumah Orang Tua Indah sampai berbulan-bulan. Yang saya pikirkan sebenarnya bukan karena haus belaian suami, yang saya pikirkan justru keadaan suami disana tanpa saya. Bukan kePDan, laki-laki tanpa perempuannya, hidupnya nggak akan bener. Makan nggak bener, tidur nggak bener, kebersihan juga nggak bener. Bener aja, beberapa bulan kami LDR berat badan suami turun drastis macam orang penyakitan.

Nah kan, kurang gizi sekali. Foto ini momen waktu suami lagi temu kangen ama anak.

Saat itu saya belum punya banyak keberanian untuk lawan orang tua. Sekali orang tua bilang NGGAK, ya enggak.

Selama saya ditahan di rumah dan dilarang nyusul suami, saya suka merenung.

Wahhh, ini nggak bisa gini. Nggak bisa dilanjut begini. Suami bukan Angkatan udara, angkatan laut, angkatan darat yang mengharuskan long distance marriage ama istrinya. Suami juga bukan pelaut, tapi bisa-bisanya LDM. Apa yang diperjuangkan? Uang? Minus lah. Transport pulang pergi aja 2juta, belom biaya makan suami dan saya. Jadi double pengeluaran. Lalu anak? Masa saya yang ngelahirin, saya juga yang ngerawat sendiri? Lalu sosok ayah didapat dari siapa kalo orang tua nya aja pisah kota, bahkan pulau. 

Singkat cerita, setelah memohon berhari-hari akhirnya orang Tua ridho. ASALKANNN, Arsa tidak.dibawa. Baiklahhhh. Berarti saya dihadapkan dua pilihan.

Yang ke 1 : Jauh dari Suami namun dekat dengan Anak

Yang kedua : Dekat dengan suami namun jauh dengan anak.

Meski bimbang, akhirnya saya memilih opsi kedua dengan segala resikonya.

Kata orang cobaan terberat pernikahan itu di 5 tahun awal. Tapi bagi saya, setiap tahunnya akan selalu ada cobaan, ntah itu jarak, anak, pasangan, orang tua dan ekonomi.

Seperti sekarang, alhamdulillah masa-masa LDM yang kelam sudah terlewati. Masa-masa berjauhan dengan Arsa juga sudah lewat. Kami sekarang tinggal diatap yang sama, di kota yang indah. Qadarallah, Tuhan memberi kami cobaan yang baru :))

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *