Almahyra Arsy

Patah Hati 💔 (Prolog NGT part 4)

Tulisan kali ini terbaca agak “kacau” karna suasana hati sedang dalam mood yang nggak baik. Tapi nggak masalah, ini blog saya dan suka-suka saya sih mau mengacau atau nggak (tuh kan marah-marah lagi)

Dan akhirnya, tiba juga prolog episode 4 NGT Ara. Saya sudah berdoa semoga nggak akan lagi ada NGT-NGT lain. Cukup sampai part 3, Qadarallah Ara sakit DB dan BB turun sampai angka 8 koma sekian.

Part kali ini saya isi dengan tulisan yang amburadul. Sabodo teuing ama EYD, urutan bab, dll. Tulisan ini juga nggak akan saya share di sosmed manapun. Paling juga isinya marah2 doang haha. Jadi jika nggak sengaja ada yang baca tulisan ini, boleh skip aja.

Biasanya kalo mau nulis tentang keluhan-keluhan saya tentang hidup, saya curhat di quora. Saya lumayan famous di sana. Meski jumlah like terbesar hanya 700an dan jumlah komentar 800an (yang lain sudah ribuan). Its okay. Setidaknya saya bisa senyum-senyum sendiri saat berinteraksi dengan para quorawan dan quorawati. Sayangnya, saya tidak pernah menceritakan perihal Anak dan Suami disana. Berhubung NGT adalah tentang Anak, jadi saya memutuskan marah-marah disini saja.

Beberapa hari lalu saya sempat nulis tentang Ara yang kena demam berdarah (namun berhenti ditengah jalan). Patah hati karna setelah bertahan 6 bulan tanpa sakit sama sekali, akhirnya Ara tumbang karna nyamuk doang. Saya jaga imun Ara agar nggak sakit, yang berarti BB masih aman. Susu aman selama bulan kemarau, tiba musim hujan malah uring2 an. Tiba-tiba demam, tiba-tiba masuk rumah sakit. Apakabar BB? yasudahlah gudbye!

Nggak mau berlarut-larut dengan Ara, saya juga fokus dengan Arsa. Saya takut Arsa terabaikan, saya cari-cari sekolah yang bagus-menurut-saya. Saya daftarkan terapi ABA. Oiya, saya juga persiapkan vaksin khusus Ara biar nggak sakit-sakitan di musim hujan. Saya bikin planning A B C D sampai Z tapi saya tetap merasa saya banyak kurangnya.

Sebenernya ada baiknya juga Ara sakit di awal tahun sebelum Mama Mertua pulang kampung. Karna, seperti yang saya bilang, Ara bertahan nggak sakit apapun selama 6 bulan. Yang berarti selama mama saya disini, anak saya sehat wal afiat. Jika tiba-tiba mama saya pulang kampung, esoknya Ara sakit. Siapa yang disalahkan? YA SAYA…

“Lah selama ama Mama Mertua nggak pernah sakit, sekarang kok jadi sakit gini? Apa nggak dikasih makan?”

Pasal 1 : Ibu adalah tempatnya salah.

Anak sakit yang salah siapa? Ya Ibunya.

Bukan berarti mertua saya nyinyir. Kemungkinan komentar yang saya ketik diatas bisa jadi komentar dari orang lain. Ntah dari saudara mertua, ipar, atau orang tua saya sendiri. Alhamdulillah, setiap musibah selalu ada sisi baiknya. Ara sakit lagi saat Nenek kesayangan belom kembali ke kampung halaman.

Pulang dari Rumah Sakit, drama per BB an dimulai. Saya timbang Ara, sambil kuat-kuatin mental. Dan JENG-JENG… Bb nya turun 1000 gram. Sebenernya saya udah nguat-nguatin hati, tapi tetep aja saya nangis bombay. Sakit hati lihat BB Ara terjun sebanyak itu. Saya nangis lagi lihat wajah tirus Ara. Wajah nggak berdosa yang kuattt banget menurut saya. Perasaan bersalah selama mengandung Ara mulai datang lagi dan terus-terusan sampai beberapa hari. Seandainya aja….

Saya bimbang dan saya belum siap jika harus pasang NGT lagi. Bagi saya, NGT dapat menyelesaikan masalah dengan masalah baru.

Hari ini kami (saya dan suami) temu kangen dengan beberapa kawan. Di akhir acara kami foto bersama dengan paket komplit (suami dan anak). Menurut usia, Ara yang paling tua. Tapi postur tubuhmya tampak ringkih, kurus, meski wajahnya tetap ceria dan cantik. Kadang beberapa kawan salah panggil dengan sebutan,”Dek… eh mbak maksudnya”.

Awal Ara pasang NGT saya sempat pos story di instagram. Saya tau semua orang kepo ama selang yang nempel di hidung Ara dan dibawa kemana-mana. Sayangnya mereka enggan mau bertanya secara langsung. Akhirnya saya memutuskan untuk cerita. Itung2 buat kenang-kenangan lah ya. Nanti kalo Ara udah gede, saya giniin aja,”NIH DEK LIATTT. Kamu dulu susah banget buat makan doangg” T_____T.

***

UPDATE:

Karna sekarang saya sedang dalam mood yang “agak sedikit” baik. Maka saya akan membagi beberapa poin yang bikin hari-hari saya kacau akhir-akhir ini.

Sejak jauh hari sih saya udah pengen pindah dokter, tapi disisi lain saya malas juga. Malas cerita dari awall. Nggak semua dokter nerima apa cerita kita. Kebanyakan DSA malah merasa lebih superior dari pada kita, ibunya. Nggak mau kalo mereka udah merasa kita atur. Panjang umur untuk para dokter Ara lain yang sabar banget dengerin kronologis tentang sakit Ara dari awal sampai akhir, dan berakhir supporting saya. Saranghae 💋

Ada beberapa orang terdekat saya, tapi ngggak deket-deket banget (Sejak punya suami, saya udah nggak punya besti lagi) yang kadang dikit-dikit saya lebih terbuka ama mereka. Kadang sebelum mereka tanya kenapa Ara kecil, saya jelasin lebih dulu Ara ada sakit apa aja. Jujurly saya nggak suka ditanya-tanya. Selagi bisa diem, kenapa harus kepo?

Kadang sikap suka bercerita saya justru jadi boomerang buat saya sendiri. Misal salah satu teman saya yang tiba-tiba nangis-nangis karna anaknya ternyata punya KJB “juga”. Ketika saya tanya “Kok tau?”, dia jawab :

“IYA karna anak aku cegukan”

Cegukan? Kemudian temen saya ini nangis histeris. Katanya dia merasa gagal jadi ibu. Katanya sedih sampai insomnia tak bisa turu. Dia bilang dia sedih karna anaknya harus menderita KJB seperti yang anak saya derita. Dia cerita curhat histeris begitu ama saya, ibu dari anak dengan KJB asli. Bahkan KJB Ara sudah terkonfirm lewat Echo. Sedangkan temen saya ini? KJB yang belom tentu KJB. Kenapa menangisnya harus ke saya? Saya kan jadi ngerasa sedih. Tau gitu saya nggak cerita ke nih anak kalau pada endingnya dia jadi overthinking. Taunya anaknya KJB apa nggak coba? Jawabannya : ENGGAK.

Ada juga teman saya lain, yang nawar-nawarin “Coba ke ahli gizi A, coba ahli gizi B” atau sekedar memberi nasihat yang nggak saya suka :

“Cobaaa suapin pelan2, buatkan apa yang dia suka. Puding puding? Gimana? Atau susu kayak punya anak aku nihh, doyan anakku. Suapinnya pakek meja? Coba ini itu bla bla bla bla. Harusnya coba suapin dulu. Harusnya mau MENCOBA DULU SEBELUM PASANG NGT” padahal mereka nggak pernah tau sekeras apa saya mencoba.

Mungkin mereka pikir, Ara aku diemin aja kali ya. Mereka pikir saya nggak ada usaha apa-apa. Mereka pikir, tiba-tiba weh saya pasang NGT biar nggak ribet. Padahal sebelum mereka semua nyuruh ono dan ini, saya tentu sudah konsul kesana kemari. Saya sudah bawa ke beberapa dokter anak yg ahli di bidang masing-masing. Bahkan kelas profesor 🤌

1. Dr. Tinuk Agung Meilany Sp.A (K) – Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSAB Harkit (sekarang pindah ke RS Soetomo)

2. Prof. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A (K) – Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM

3. dr. Retno Widyaningsih Sp.A (K) – Konsultan Respirologi Anak

4. Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A (K) – Konsultan Tumbuh Kembang Anak

5. dr. Tri Yanti Rahayuningsih, SpA (K) – Konsultan Kardio Anak

Semuaaa dokter dan profesor yang saya sebutkan diatas bukan atas kemauan saya. Semuanya rekomendasi dari dokter Anak Ara sebelumnya. Yang baik hati, mau terbuka, tiap kali bertanya nggak pakai nada intimidasi. Big thanks untuk dr. Yanuar Sp.A dan dr. Sally Sp.A 🫰.  Menurut beliau-beliau ini, Ara memang sudah ranahnya dokter-dokter yang saya sebutkan diatas. Ya kali ada yang ngira saya maunya berobat ke profesor2 karna udah underestimate ama dokter Anak biasa. Padahal mah nggakkk. Dari sebanyak itu dokter tempat saya konsul tentang kondisi Ara, masih aja ada yang bilang,”Harusnya COBA dulu nggak sih kasih makanan abcdefg biar nggak perlu pakek NGT?!”

Gregetttttt pingin gigittt….

Mereka nggak tau aja galau nya saya dan suami. Patah hatinya saya dan suami lihat anak pakai NGT.

“Eh ini aku suapin puding mau loo, ini mau kok. Coba coba ajarin ini mau lo sayy” YA EMANG MAUUU. Siapa juga yang bilang Ara nggak mau puding. Ya mauu lah. Tapi apakah tiap hari mau makan puding? Lalu kalorinya dapet dari mana?

So. Stopp nyuruh saya NYOBA macem-macem karna semua hal yang kalian suruh NYOBA itu udah saya COBA lebih dulu. Karna semua semua semua semua nasihat dan arahan yang kalian usulkan, sebelumnya udah konsulkan lebih dulu ke profesor langganan saya (maaf congkak, biarin).

***

Noted:

Sebenernya saya nggak marah dengan semua sikap mereka sih. Saya hanya, yahh.. sedih. Saya sedih melihat Ara dengan hidung dan NGTnya. Ditambah komentar orang-orang. Iya iya saya jangan dengerin apa kata orang. Tapi, How can?

Manusia tidak akan pernah bisa saling memahami, jika mereka tidak merasakan penderitaan yang sama 
Naruto, The Movie

Makanya saya terbantu sekali dengan grup Feeding Warrior. Perkumpulan emak-emak galau dengan anak NGT-nya. Orang lain nggak akan paham selama mereka tidak di titik penderitaan yang sama dengan kita. Jadi wajar kalo orang2 terdekat saya ngoyok nyuruh ini dan itu. Nyuruh nyoba ini itu, karna mereka nggak lagi ada di posisi saya.

Beda lagi kalo sesama emak dengan anak NGT,

Support dari salah satu Mama di grup Feeding Warrior

Love banget. Cukup bikin hati saya meleleh.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *