Almahyra Arsy

Tentang Aara dan NGTnya ๐Ÿ’‹ (Bagian 3)

Baca-baca dulu Bagian 1 ama Bagian 2 biar nyambung. Ternyata nulis tentang gini doang panjangg banget, mana 2 bulan nggak kelar-kelar. Maklum tiap mau ngeblog, suka diajak ghibah dulu ama mertua. Lol.

Baca Dulu Bagian 1

BACA JUGA BAGIAN 2

***

Segala treatment udah diupayakan namun BB teteup berjalan di tempat. Mulai dari disendokin, dikujer ampek dibedong T_______T , BB nggak naik, trauma iya. Sampai tidak terasa, usia Ara menginjak 1th.

Ulang tahun Ara yang pertama

Sangat imut syekali bukan? :)) Meja ama badannya aja gedean meja jauh. Usia satu tahun namun belum bisa merangkak, apalagi berdiri. Padahal Arsa usia segini mah udah bisa ngoceh, berdiri, lari-lari, cosplay jadi kang berita dan lain sebagainya. Punten ya Nak, bukan maksud Mamak membanding-bandingkan kamu ama Mas Arsa T_____T. Dari grafik itu tampak jelas, Ara bukan BB aja yang terlambat. Bahkan tumbuh kembangnya pun lebih lambat dibanding anak seusianya. Global Delay Development. Diagnosa dari DSA yang terakhir disematkan untuk Aara ๐Ÿค

***

Di Bagian 2 saya cerita bahwa Ara sempat cek darah lengkap dan urine. Hasilnya semua masih dalam batas normal, memang HB mepet sih. Tapi masih bisa kekejar dengan minum FE lah. Hati makin gamang karna hasil lab aman but Ara masih malas minum dan BB stuck disitu-situ aja ๐Ÿ’” Akhirnya dikontrol selanjutnya saya putuskan untuk cek mantoux.

Singkat cerita Ara langsung di cek mantoux (atas permintaan sendiri). Hasilnya —— sesuai dugaan —– ruam merah gede banget. Congkak sih segala minta mantoux T_______T

“Wah ini positif yaa Buuu, pantes males minum. Karna didalem darahnya terdapat bakteri TB sih, jadi si adek…” bla bla blaaaa intinya Ara nggak mau makan karna si TB nya ini. Dapetlahh saya obat TB yang HARUSSS diminum setiap hari selama ENAM BULAN!!! Kebayang nggak bagaimana tiap pagi harus berantem ama bayi perkara obat TB?!

Setelah dapet sepaket Obat TB, apakah besoknya langsung diminumin obatnya? Tentu tydack. Karena pertama, saya pergi ke lain dokter untuk lebih yakin lagi ama diagnosa Ara. Saya konsultasi ke SpA(K) Respirologi di Jakarta, emang dasar orangnya butuh validasi dari banyak orang wkwkwk, jadi sebelum bertindak, konsul dulu kesana kesini sampai saya yakin. Singkat cerita Ara di diagnosa TB, mboh TB apa. Paru kah, kelenjar kah, tulang kah, intinya TB dan kudu minum obat TB.

Bibir merona bekas obat TB

(AARAA, lihatlah nak kamu dulu begitu imutnya karena gak mau minum susuuuu)

Tiba-tiba Ara Mulai Gampang Sakit

Sebelumnya padahal saya dan suami congkak, Ahh anaknya sehat begini, aktif, tampak happy dan tidak tampak sakit sama sekali. Gak perlu lah segala pakai NGT bla bla bla bla. Ditambah lagi doktrin dari orang luar “UDAHHH GAK USAH CARI PENYAKIT, GAK USAH PAKAI NGT, SEMANGAT AYO SEMANGAT LAGI KASIH NUTRISI UNTUK ARA”

Woooo dikata selama ini saya tidak punya semangat untuk kasih nutrisi buat Ara?! Sekate-kate…

Mana kan duduk dia dari usia 4 bulan, usia 7 bulan udah jago mobilisasi (ngesot), pikir saya “wah bentar lagi jalan” ternyata sampai 6 bulan kemudian tetep aja ngesot, boro-boro jalan, ngerangkak aja masih belomm.

Menuju usia 1 tahun Ara mulai gampang sakit, tiap bulan bapil gak pernah absen. Baru sembuh bapil, bapillll lageeee. Demam baru sembuh, demammm lagii. Segala musim penyakit Ara selalu hadir.

Musim covid omicron, ARAA KENA.

Musim diare, ARA KENA JUGA.

Bahkan TB kemarin pun, saya rasa bukan sebuah sebab, melainkan akibat dari malnutrisinya. Kata dok Tinuk “Yah ibarat Ayam dan Telur, mana dulu yang keluar?”

Terakhir saat campak jadi Kasus Luar Biasa (KLB), Ara pun kena ๐Ÿ’” patah hati sepatah-patahnya karna ada komplikasi lain : broncopneumonia. DSA yang nanganin Ara bilang “Ini karna adek Ara masuk kategori malnutrisi ya bu, jadi imunnya lemah. Setiap ada penyakit, imunnya nggak kuat buat survive. Saran saya, udah pasang NGT saja”

Patah hati kedua kalinya ๐Ÿ’”

Foto ketika Ara kena campak

Sakit banget lihat Ara sakit terkapar lemah, mana mata bengkak, idung menyusut dan cuping hidung makin mekar wkwkwk, demam tak kunjung turun. Dan yang paling perih, BB turun terjun payung. Saya lupa lah BB berapa, 4 koma sekian pokoknya mah. Beruntungnya waktu itu kamar isolasi penuh, jadi Ara ditaruh di ruangan kelas 2 tapi sendiri. Kelas 2 rasa VIP hohoho. Skip!

Karena makin hari makin sering banget sakit, dan tiap kali sakit BB turun terus, bahkan setelah pengobatan TB 3 bulan macam tidak ada perubahan. Akhirnya, bissmillahirrohmannirrohim ๐Ÿ˜‘ saya mulai membulatkan tekad untuk pasang NGT.

***

(Prosesi tulis menulis blog sempat terputus 2 minggu karena terlalu banyak bahan ghibah antara saya dan mertua hahaha, mohon maklum โค๏ธ)

TANGGAL 26 FEBRUARI 2023

Akhirnya Aara terpasang NGT. Wuhuuuu…

From TENOR

Sedikit lega karna akhirnya tiba dikeputusan akhir setelah sekian lamanya galau dan kesana kemari cari dukungan serta keputusan huhuhu *terharu*

Sulitttt untuk memutuskan Ara pakai NGT atau nggak. Ya sulit, buktinya kalau dijabarin jadi 3 bagian haha. Lol. Makanya agak keselll ya kalau ada yang bilang “Sehat giniii, aktiff gini. Kasian kudu dipasang NGT” hmmmmm.

Perjuangan kami belum tuntas sampai disini. Masih panjaaanggggg perjalanan kami demi mengoptimalkan 1000 HPK Ara. Kita semua tau (ibu-ibu milenial dan Gen Z pasti tau) perkembangan otak itu sangat optimal di 1000 Hari Pertama Kelahiran. Nah ituuu yang mau saya kejar! Lepas usia 2 tahun, otak nggak akan berkembang optimal lagi. Lepas sudah NGT (tercapai atau tidak tercapai target BB nya). Setidaknya ini salah satu bentuk ikhtiar saya dan suami untuk Ara. Sakit sebenernya liat hidung Ara pakai NGT kemana-mana. Dilihatin banyak orang, meski belajar bodo amat kadang baper juga ya. Tapi mau bagaimana lagi, meski sulit insya Allah ini yang terbaik buat Ara.

Kisah Ara dan NGT nya dimulai dari sini. Bagaimana dia perlu adaptasi dengan NGT nya yang ternyata membutuhkan waktu sampai sebulan lebih. Bagaimana saya dan suami bergantian shift malam demi kebutuhan kalori Ara agar terpenuhi. Bagaimana setiap minggu saya harus ganti selang NGT Ara dan tiap minggu juga Ara nangis kejer sampai doi trauma ketemu orang baru.

Tapi semua itu nggak sebanding dengan manfaat yang kami dapat dari NGT ini. Sampai-sampai saya ngebatin ,” Kok nggak dari dulu aja ya” ๐Ÿ™

Semoga saat Ara baca tulisan sederhana Mamaknya ini, Ara paham bahwa keputusan “pakai NGT” ini sudah Mamak Ayah pikirkan matang-matang. Dan semata-mata (juga) demi kebaikan Ara โค๏ธ

D.R

2 Comments

  • Fanny_dcatqueen

    Mba Dinny dan suami memang ortu kuat sih ๐Ÿคงโค๏ธ. Aku bacanya aja sampe terharu juga. Sediih pas baca yg ternyata aara kena TB :(. Kadang aku mikir TB ini gimana bisa kena, padahal kita tuh udah kayak jaga kebersihan banget, vitamin ga usah ditanya kan. Patah hatiiii pas tau malah kena ke anak :(. Krn anakku juga pernah kena TB mba. Udah lama sih, udah selesai juga minum obat 6 bulannya -_- ..ga pengen bgt lah inget masa2 itu..

    Jadi pada akhirnya pasang NGT ya mba. Gapapa, yang penting memang BB aara bisa kekejar juga yaa ๐Ÿค—

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *