Almahyra Arsy

Ara Kena Demam Berdarah

Yuhuuu..

Awal tahunku diawali dengan ARA HARUS MASUK RS. Tahun baruan di RS is not bad lah ya.

Waktu hari pertama demam juga udah was-was sambil berdoa,”Plis plis plis jangan DB pliss” Tapi teteup, namanya juga garis takdir. Dipertahankan sampai hari ke 4 berharap cuma demam biasa, eh lakok lemes anak ini ya 🤒

Hari ketiga demam, panasnya udah mulai jarang, anget anget tai kucing sih bukan yang panas banget. Saya pikir, Oh demam biasa lah ya gak perlu lab ah, besok minum antibiotik juga udah beres. Lol.

Hari ke 4, demam udah nggak ada tapi ni anak minta gendong terus. Tampak lemas dan saya ngeri T_____T, akhirnya saya ajak mama mertua buat cek lab in Ara. Dibawa ke klinik terdekat, alhamdulillah lab nggak ngantri dan proses cepet. Tapi waktu liat hasilnya.

“Thrombosit 115.000 ya mama, harus di rawat inap. Adik Ara kena DB” 💔

Saya pulang dari klinik dengan patah hati. Kebayang kan gimana susahnya Ara minum susu, apalagi kalo sakit DB, makin-makin susahnya makan dan minum susu. Mana BB pas-pasan :(( . Bayang-bayang BB terjun payung udah menghantui saya selama perjalanan pulang ke rumah.

***

Drama Cari Kamar

Saya pulang ke rumah menyiapkan persiapan menginap di RS. Saya booking VIP atau VVIP karna pengalaman sebelumnya di kamar kelas 2 atau kelas satu, Ara tak bisa bobok. Mamaknya pun tantrum gak bisa bobok :(( Padahal RS Swasta lo kala itu. Jadi MRS kali ini saya usahakan minimal VIP lah, pokok sendiriah wehh.

Saya telfon ke atasan untuk ijin cuti. Atasan berbaik hati bookingin kamar VIP untuk Ara, tapi penuh 💔

“Di VVIP aja, dititip sementara VIP penuh. Gimana?”

Loo ya saya makin happy tho, VIP aja oke, apalagi VVIP wkwkwk. Tapi saya tetep booking by phone takutnya kesruduk pasien lain yang udah nyampek duluan di IGD.

“Udah kok, udah dibookingin buat Ara. Tapi VIP penuh, mau di VVIP? Lagi disteril nih” kata suster VIP sekaligus teman saya.

“Iya ih gak papa VVIP juga”

“Yakinnn mau VVIP??”

“IHHHH EMANG KENAPAAA?? ADA APAA?” udah mulai curiga.

“Pasiennya baru meninggal, bekas TBC dan HIV reaktif 🙁 Saran aku sih, kalo untuk anak-anak jangan deh. Lagi proses di steril baru bisa ditempatin 6 jam pasca steril, tapi kan bekas TB dan HIV?! Yakin mau?”

“LOHHHH ya aku nggak mauuuuu T_____T,”

T_____T

Singkat cerita, saya menuju RS lain yang ruang VIP nya available dan bukan bekas pasien isolasi 😫😭

Dapet kamar VIP + akun netflix

Salah Pasien

Saya sampai di IGD salah satu RS milik Lippo Group. Seperti biasa, masuk IGD, anamnese, pasang infus, dan saya urus administrasi di lobby RS. Saya balik ke IGD, anak bayik udah diinfus. Sejam dua jam kemudian kami akhirnya pindah ke kamar rawat.

Kamarnya not bad lah, yang penting sendiri. Saya udah stress ama BB Ara dan sakitnya Ara, saya nggak mau banget ditambah stress karna pasien sebelah berisik. Daripada saya ngereog macam sapi cacingan, mending ngerogoh duit dikit pakai dana darurat buat naik ke VIP. Lumayan Mama Mertua bisa sewaktu-waktu datang jenguk bareng Arsa.

Hari pertama Ara tampak Happy dan lari kesana kemari diikuti tiang infus. Terus ee, terus lari-lari lagi. Sorenya mbak suster dateng bawa obat.

Suster : Sore Ibu, masuk obat yaaa. Ini ada obat mual muntahnyaa ya ibu. Sama antibiotik sekalian :))

Rossy: tapi anak saya gak ada mual muntah sus? Kok dapet obat mual muntah ya?

Suster : (tampak bingung) emmm bentar ya saya tanya penanggungjawab saya dulu.

Kemudian datanglah mbak-mbak sus cantik nan gemoy. Tampaknya beliau berusaha klarifikasi terkait obat untuk Ara. Terjadilah sebuah percakapan berikut:

Sus : ibuu, tadi tanya tentang obat yang rekan saya suntikkan ya? Itu obat mual dan muntah ibuu…

Iya sih saya tau itu buat mual muntah, tapi Ara kan nggak muntah. Kalopun memang harus disuntikkan nggak papa sih siapa tau itu memang prosedur RS. Tttapi kan saya berhak bertanya selaku pasien hahaha (pasien riwil)

Me : oh iya, meski nggak mual muntah ya sus? Tadi cuman tanya itu doang sih 🙂

Sus : Oh iya bertanya juga tidak apa apa, adik meski gak ada mual muntah tetap kami beri anti mual karna dengan DIAGNOSA TIPOID, pasti perutnya ada rasa gak enaknya.

Whut? Wait. TIPOID? Bukannya DHF ya (Dengue Hemorraegic Fever / Demam Berdarah)

Me : Kok tipoid sih sus? Bukannya DHF ya? Masuk sini kan karna thrombonya rendah.

Karna Ara di cek widal semua normal, lah ini kok tiba tiba tipoid sih gimana ceritanya. Sebenernya nggak papa juga masuk obat mual, tapi klo sampai miss gini ya punten pisan kalo pada akhirnya saya keluarkan jurus “judes” -_-“

Sus : Nggak bundaaa, nilai widalnya tinggi. Jadi adek Ara didiagnosa tipoid. Bukan demam berdarah. Bunda kan bawa hasil lab dari klinik? IYA BUNDAAA, ITU TIPOID. Tipes itu sendiri adalah infeksi saluran pencernaan bun, jadi bla bla bla bla

Zzzzzzz, apa sih segala jelasin definisi tipoid. Udah salah, ngeyel pun T_____T

Me: Sus? Coba cek lagi status pasien Ara. Jangan ketuker ama pasien lain. Anak saya ini Demam berdarah BUKAN TIPES. Atau coba sus bawa kesini hasil lab nya, jelaskan ke saya mana bagian tipoidnya.

Sus gemoy mengiyakan dan pamit, lalu nggak balik lagi ke kamar.

Fyi suster nya mungkin nggak tau kalo saya juga tenaga kesehatan. Terlepas dari itu, sebelum2nya saya nggak pernah bawel kok. Nerima aja pelayanan RS segimanapun juga karna saya percaya. Tapi susternya salah sebut diagnosa. Siapa juga yang nggak trust issue? Saya yakin di bangsal situ ada pasien anak lain yang di diagnosa TIPOID.

Memilih bobok daripada dengerin mamak debat

Long story short ada dokter jaga masuk ke ruangan Ara. Kemudian meminta maaf dengan tulus karna ternyata mereka SALAH PASIEN. Ada pasien anak lain, namanya Arsya dan dia terdiagnosa tipoid ketuker ama Ara yang terdiagnosa DHF. Nggak tau deh tuh anak dapet obat salah juga apa nggak. Dan detik itu juga obat mual yang selama ini masuk, di-STOP!

***

Hari kedua masuk RS sampai hari terakhir (tiba waktu pulang) Ara lemes banget. Berubah jadi pendiam membuat mamak kesepian huhuhu.

“Aku lemas, aku sungguh tidak berdaya” lol

Sisi gelap kalo anak kita sakit DB adalah : ditusuk setiap hari.

Jumlah thrombosit harus dipantau setiap hari. Mana ambilnya di lengan, ditusuk-tusuk-tusuk T____T. Kenapa atuh mereka ambilnya nggak di perifer aja :((

Alhamdulillah hari ke 3 dirawat thrombosit naik di angka 147.000. Biasanya sih klo udah naik akan naik terus. Hati Mamak agak tenang dikit dan akhirnya disaat Ara tidur Mamak dan Ayah duet nonton netflix berdua.

Saya juga dapet cuti sampai Ara keluar dari RS. Ketika saya rasa kondisi Ara udah aman, tanpa demam dan nggak rewel. Saya bawa Arsa ama mama mertua ke RS. Saya kangen Arsa, Mama mertua juga pasti kangen Ara. Nilai plus klo kita dirawat di ruang VIP, bisa bawa keluarga tanpa takut pasien lain keganggu.

Ada Mas Arsa datang ❤

Ara diijinkan pulang hari ke 5 di rawat. Selama di rawat nggak ada tuh makanan yang masuk. Saya agak ngeri juga mau nimbang, takut malah nangis didepan timbangan. Minum susu juga sehari 2x doang, pas bangun tidur karna hauss mereunn. Ama pas siang hari jam 12 an. Nyemil juga malas.

Sebenernya selama di rawat saya juga pingin Ara dipasang NGT aja. Tapi karna saya dapet dokter anak yang belum pernah sama sekali pegang Ara, jadi beliau nggak acc. Sambil bilang “NGT itu cuman untuk pasien yang somnolen aja bu”

Yaudah saya diem aja, dokternya jelas merasa doi paling tau karna kuliah juga kan mahal dan sulit. Kenapa harus dengerin saya yang bukan dokter dan sok tau. Begitu kira-kira batin dokternya, hohohoho.

*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *