Almahyra Arsy

Tentang Aara dan NGTnya 💋 (Bagian 1)

Lamaaaaaaaa banget saya nggak nulis di blog sini. Di blog mana-mana juga gak nulis ding 🙂 Ada kali ya satu tahun. Sejak jaman covid varian delta, terus saya-nya sibuk cari uang untuk biaya persalinan Ara. Ara lahir dan saya sibuk dengan Ara (padahal bisa banget disambi ngeblog sih, alesan haha). Beberapa bulan setelahnya saya sibuk dengan dunia per-CPNS-an yang sangat amat banyak tugas. Lalu sibuk jadi anak baru di tempat kerja, sampai-sampai mau nulis proses persalinan Ara kagak kelar-kelar sayyy….

Sekarang setelah setahun lamanya blog ini mangkrak, saya datang kembali tapi dengan cerita baru. Cerita tentang Ara dan NGTnya. Iiih padahal niat awal bikin blog karena mau cerita detail tentang keseharian anak, MPASI nya, tentang drama ASInya, drama imunisasinya. Yaa apa boleh buat, jadi satu aja di sini. Nggak perlu detail-detail amat lah yang penting ada jejak memory di page ini untuk diriku sendiri dan anak-anak. Tidak berekspektasi untuk dibaca kalangan banyak karna memang tulisan ini buat koleksi pribadi aja, layaknya album keluarga. Lebih bagus lagi kalau anak-anak sudah remaja dan baca-baca blog ini 🤍 *meloow ah, udah ngomongin anak remaja aja*

Ceritanya saya mulai dari Aara lahir, karna bagaimana proses persalinannya sudah di posting jauh-jauh hari.

1. Aara Lahir dengan BBLR

Lahir dengan BBL 2.170 gram. Di foto suami saat itu untuk buru-buru pamer di grup keluarga

Di foto kelihatan gimbul ya, padahal BBLR. Ara lahir tidak menangis, mirip ati ampela karna warnanya biru keunguan. Saking speechless nya saya merhatiin Aara kenapa kok gak nangis, sampai lupa mau pasang KB IUD T_T. Btw, Ara disini mirip Arsa polll…

2. Masuk NICU

“Udah masuk NICU aja dok” gitu kata dokter Emy spesialis obgyn yang bantu proses persalinan saya. Beliau juga dari tadi nggumun terus ama BB Ara, karena taksiran berat janin sama bukti setelah brojolnya la kok beda jauh haha. Aara waktu itu nangisnya aak eek aak eek aja kaya merintih, tangan lemes juga (tonus otot lemah sayy) meski saturasi di cek 99%. Akhirnya dokter jaga ijin ke dokter Emy dan saya untuk masuk NICU.

Aara di NICU RS Hermina, hasil curi-curi foto saat vcall ama mbah uti. Untung sempet kejepret, jadi punya foto selama di NICU

Kasiannn anakkkuuuu lagi terpasang CPAP, saya habis lahiran belom 3 jam udah lari melipir ke ruang nicu buat nengokin Aara. Tetep sih kelihatan gimbul, sungguh perawakan sangat menipu. Teteh perawat NICU heran semua ngeliatin saya loncat sana sini padahal baru banget lahiran. LOL.

Enam jam postpartum, dokter Emy sudah acc saya untuk pulang. Saya akhirnya pulang tapi tydack untuk Aara. Masih terpasang oksigen dan selang OGT untuk minumnya. Dokter NICU bilang ya saya harus rutin kirim ASIP untuk Ara.

Hari pertama Aara lepas segala selang dari hidung dan mulutnya. Supeerr kiyowo swekaliii kan :3

Pertama kalinya kami bisa tau wajah Ara secara jelas (tanpa OGT dan selang O2). Sooooooo kiyutttt (bagi kami orang tuanya tentu saja). Berat doi saat itu turun, dari 2.170 jadi 2.070 :(( Disarankan metode kanguru, kalau bisa selama 24 jam sih karna kan Ara BBLR ya, jadi mudah hipotermi. Foto diatas lagi skin to skin ama saya. Rasanya kaya lagi gendong marmut, gemess! Mana hidungnya mungil mancung dikit. Makin gede kok idungnya makin nyusut wkwkwk. Masih belum boleh pulang karna masih harus tuntasin antibiotik.

***

Sejujurnya saya luar biasa baru sadar BAHWAA… Beberapa bulan lalu saya nulis tentang Awal Mula Aara di Diagnosa saat masih janin, dan tentang proses Persalinan saya HAHAHA, Saking jarangnya nulis blog, sampai lupa momen mana aja yang pernah ditulis atau yang belum sempat ditulis.

Baca juga tentang : Welcome to the World, Aara!

Tujuh hari dirawat di Ruang NICU RS Hermina, Aara diperbolehkan pulang. Yeyy. Dalam hati deg-deg an “Bisa nggak ya ngasuh Aara di rumah?” Karena selama ini yang asuh Aara di NICU kan kakak-kakak suster baik hati dan telaten wkwkwk, Tau-tau muncul rasa nggak pede. Nggak saya doang yang gak pede, suami jugaa. Sebelum pulang, DSA yang selama ini megang si Ara ngasih no hapenya, sewaktu-waktu bisa konsul via watsap ama beliau. Dan selama di NICU Aara tuh bayi yang pinter. Pinter minum susu, takaran dinaikkan pun Ara habis minum susunya. Suster-suster juga muji-muji Masya Allah. Alhasil dibanding bayi lain yang di ruang NICU, paling cepet pulang ya Aara. Intinya, saya pede lah kalau Ara ini sebenernya adalah bayi sehat yang sangat baik-baik saja.

Ayah jemput Ara, tapi Ara nya lagi bo-can (Bobok Cantik)
Pertama kali Adek Aara ketemu Mas Arsa. Ekspresimu Lee… wkwkwk
Momen Arsa dibawa ke rumah orang tua untuk sementara

Asli sih momen waktu Arsa dibawa ke rumah orang tua adalah momen ter ter tersedih. Maksud orang tua ingin ngebantu saya sama suami agar lebih fokus ama Aara, apalagi waktu itu memang belom ada pembantu atau nanny. Tapi yang ada saya makin stress nangis-nangis kangen Arsa, ASI mampet, sampai kebawa mimpi pingin ketemu Arsa huhuhu. Alhasil, Arsa di rumah orang tua cuma 2 minggu aja.

Skipppp!

3. BB Aara Nggak Naik-Naik

www.dinnirossy.com

Ini foto saat pertama kali kontrol, harus banget kemana-mana gendong ala kanguru bisi kedinginan ye kan. Ini bapaknya sungguh bersemangat kalau disuruh gendong begini. Disini BB Ara masih aman, dalam sebulan naik 1kg. Usia 1 bulan BB nya 3kg. Uwowww, yang lain usia 1 bulan BB udan 4 koma sekian, tapi Ara naik segitu juga aku bangga syekaliiii.

Mari kita runtut perkembangan BB Aara dari bulan ke bulan.

Aara usia 1 Bulan

BB masih aman ya say, naik 1000gram. Mamak bangga sama kamu nak :’) Mimik 120cc kadang 90cc juga, gak pernah yang namanya muntah, gumoh dan lain lain.

Usia 3 bulan

Mulai ada redflag, minum juga kuat 75cc doang, sisanya geleng-geleng. BB naik udah mulai serettt, harusnya per bulan naik 800gram, ini naik mentok 500gram aja. Herannya, kalau dia merasa kenyang ya ujung dot digigit mencegah susu turun ke mulut. Konsul DSA karna BB cuma 4,2 kg padahal udah 3 bulan berlalu, jawabannya “Nggak papa, yang penting minimal naik 500gram per bulan itu gak papa kok. Ibunya jangan panik yaaaa”. Jangan panik, jangan panik.

Mei 2022

Mei berarti usia berapa tuh? 5 bulan ya ibu-ibu T_______T. Bayangkan saja usia 5 bulan tapi anak saya masih pakai baju anak usia 0 bulan. Lapor dokter tetep keukeuh “GAKKK PAPAAAA BUUUU, MASIH NORMAL KOKKKK” capek sih asli. Pernah posting foto Aara, ada yang komen “Lima bulan tapi kok kayak bayi baru lahir ya?” bgsd -_______-“

Saya sempet bilang sih kalau mau dibantu sufor aja meski stok asip se freezer masih utuh. Dokter said “Ya terserahhhh sih, tapi akan banyak gangguan, bayi akan kolik, diare, kualitas hidup juga menurun” Nah lo, makin-makin galau.

Singkat cerita, saya sama suami memutuskan untuk pindah dokter.

Lanjut baca ke BAGIAN 2

One Comment

  • Fanny_dca

    Masya Allah Mbaaa, memang perjuangan sekali yaaa. Tapi apapun sebagai orangtua, kita pasti mau yg terbaik dan wajar aja kalo galau melihat anak beratnya ga naik sebanyak target yg dimau.

    Iya sih, dari foto aara ga keliatan BBLR. Aku malah kiranya masuk kategori normal beratnya. Jadi penasaran baca tulisan selanjutnya setelah ganti dokter 😄👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *