Almahyra Arsy

Tentang Aara dan NGTnya πŸ’‹ (Bagian 2)

{Mohon maap di BAGIAN 1 saya lupa terakhir nomor berapa, jadi yaudah aja pakai ABCD hahaha. Maklum ngelanjutin blognya setelah beberapa bulan kemudian}

Ada baiknya kalau baca dulu : Tentang Aara dan NGT (BAGIAN 1)

A. Kelainan Jantung Bawaan

Bulan Mei saya dan suami sepakat ganti dokter, dan bagai sambaran petir di pagi yang cerah (karna kontrolnya pagi,hoho) dokter bilang “Hooooo ibuuuuuu, ini mah JANTUNG BOCORRR!!” Bekel pakai stetoskop doang akhirnya ketauan lah salah satu penyebab Aara BB susah naik karena ada jantung bocor. Langsung lah saya search tuh apa aja penyebab jantung bocor bla bla bla, meski kerja di bidang kesehatan juga saya adalah emak-emak normal pada umumnya yang kalau anak sakit, ke google dulu baru dokter.

Ah blur

Kemudian Ara dirujuk ke poli jantung di RS yang sama dan di hari yang sama karna gemes penasaran dan masih denial bangettt “MASIH SIH ANAK INI ADA KJB???”.

Sesampai di Poli Jantung.

Dokter : “Iya bu ini ada bocor ya. jenisnya PDA ukuran 0,05mm. Dalam beberapa kasus bisa menutup spontan dan ada yang tidak bla bla bla”

Panjang dokternya ngomong tapi saya lupa ngomong apa ya, udah 9 bulan yang lalu.

Nggak bisa dengan satu dokter, inisiatif ke dokter jantung lain, yang KATANYA, beliau praktek di RS Harapan Kita Jakarta. Tiba nama Ara dipanggil, saya masuk ke Ruangan. Dokternya cowok agak irit ngomong, mungkin biar tampak cool gitu ya. Ara saya baringkan di Bed pasien. Dokternya nggak beranjak dari kursi, cuman ngeliat sekilas ke Ara tanpa stetoskop, ah boro-boro stetoskop. disentuh aja nggak. Tau-tau “Ini mah bukan PDA, ini VSD”

Hoooo DAEBAKKKK!!!

From GIPHY

Ekspresi saya setelah dengar penjelasan dari dokternya. Ini Dokter apa Cenayang ya?

Keluar dari ruang poli saya langsung minta rujuk ama teteh perawatnya agar Ara dirujuk ke RS Jantung Harapan Kita di Jakarta. Agak was-was yee ke beda dokter malah jadi beda diagnosa, mana ngediagnosanya sambil diterawang lagi T.T

***

Tanggal 29 Agustus 2022 kami meluncur ke RS Jantung Harapan Kita dengan membawa mbak Dewi hohoo, itung-itung buat bantuin gendong Ara pas saya lagi lari sana-sini urus administrasi. Sebenernya perjalanan menuju Harkit sampai akhirnya Ara kepanggil Echo itu sungguh drama ya Mom. Tapi aku menahan diri untuk tidak bertele-tele.

Foto blur karena hasil Skrinsyut video

Setelah 7 jam antri di ruang tunggu, kepanggillah Ara masuk ruang Echo (tuh kan, tuh kan mulai bertele-tele). Dokternya nyari-nyari mana PDA ama VSD nya? Hooo apakah sudah menutup spontan atau emang kemaren false diagnose , kok tidak ketemu?! Wkwkwk akupun tak tau, Kata dokter “Baik, mari kita anggap VSD dan PDA memang sudah menutup. Disini yang tampak hanya PFO dan sebenernya PFO ini nggak menganggu berat badan anak sih Bu” Ohhh gitu, jadi kenape anak saya BB nya seret kali ya?

“Nggak perlu tindakan juga sih Bu, kita rujuk aja ke RSIA Harapan Kita yang sebelah ya. Nanti bertemu ahli gizi disana”

Jadi sebenernya kan jantung bocor ada beberapa tipe. Nah sebagian tipenya ada yg menyebabkan si anak sianosis karena kekurangan oksigen. Ada juga yang menyebabkan BB nggak naik maksimal, karena kekuatan untuk menghisap susu juga nggak ada, jadilah si anak malnutrisi. Saya kira Ara ada di tipe yang terakhir, karena akhir-akhir ini minum susu masuknya dikiiiittttt pisan. Ternyata bukan T_________T

Jadii pe er lagi kaaaaan buat cari tau kenapa Ara BB kok seret banget?

***

Saya curhat ke dokter Yanuar yang biasa nanganin Ara, dengan lantang Dokter Y bilang “UDAHH, PASANG NGT AJA!” Duaarrrrrrrrrrrrrr. Ya saya belum siap mental lah, lagian saya masih semangat buat nyuapin dan nyusuin Ara secara rutin. Sebenernya nggak terlalu peduli dengan pandangan orang-orang, tapi nggak kebayang aja Ara harus nge-gembol selang kemana-mana. Sakit nggak? Risih nggak? Tersiksa nggak? Itu sih beberapa perhitungan saya. Dan lagi, Ara mah kan BB sulit naik karena emang minum yang masuk dikit, bukan karna penyakit (ini menurut aku saat dulu masih bodoh-bodohnya). Anaknya aktifpun, gak perlu lah segala NGT-NGT an. Denial mode on hahaha

Tapi aku SALAH. Huwaah kalau aja waktu bisa diulang, langsung saya jawab “OKE DOK, AYO PASANG” :((

Dokter Y nyaranin buat cek Lab untuk tau berapa jumlah HB Ara, cek urine dan cek mantoux. Saya cek darah ama urine dulu aja, menolak keras cek mantoux T_________T , sakit ah kasian Ara.

Sedih memikirkan Ara

Sambil menanti hasil cek darah dan urine, saya merenung. Galau gundah gulana,

Kenapa ya dengan Aara?

Kira-kira anemis atau ISK? Atau malah dua-duanya?

TB kah?

Apa karena aku keukeuh ASI Eksklusif, jadinya BB stuck? πŸ™

Aku salahnya dimana ya :((

Udah stunting kah?

Apa pakai NGT aja?

Mencoba berunding ama suami, Alhamdulillah tidak ada titik terang -,-

***

B. Memutuskan Bertemu dengan Ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik

Singkat cerita saya memutuskan ke Jakarta bertemu dok Tinuk Agung Meilany Sp.A (K) Nutrisi dan Penyakit Metabolik. Karena belom kenal banyak orang di perantauan jadi saya berbekal cari-cari info di gugel. Dok Tinuk lulusan kedokteran Airlangga Surabaya, kemudian melanjutkan sekolah di Universitas Indonesia, yuhuu cucok nih. Gak cocok harganya doang wkwkwk. Coba daftar ke poli eksekutif, ternyata gak mahal-mahal amat sih.

Mohon maaf adanya foto berfilter doang, maaf ya alay T____T

Disini Ara ditimang-timang, dicium, digendong dan dia nyaman. Ketika saya tanya “Perlu NGT gak dok?”, Beliau jawab “Kita perbaiki feeding rules nya dulu ya”

Kata dokternya lagi “Masih aktif kok Bu anak ini, lucuu. Nanti saat BB kekejar insya Allah semua yg terlambat akan kekejar juga” positif vibes sekali ❀

Saat Ara pertama datang ke poli Dok Tinuk, BB masih 4,9 kg. Sangat imut kayak marmut.

“Jadiiii, untuk kasus kayak dede Ara ini untuk menentukan kapan dia perlu mulai makan, patokannya bukan usia. Tapi patokannya adalah kesiapan anak itu sendiri. Pastikan anak siap menerima makanan, tandanya seperti : Anak menunjukkan minat untuk makan, sudah bisa duduk, BB minimal 8kg (terus apa ya aku lupa eung haha). Sekarang saya coba tanya, makannya gimana? Langsung BAB nggak?” Beliau menatap saya dan suami bergantian.

“IYAA.. , memang setiap habis makan Ara selalu BAB”

“Tandanya usus Ara belum siap nerima makanan, salah satu penyebabnya karna BB masih dibawah 8kg bahkan belum 6kg. Itu kenapa BB Ara belum naik padahal makannya lahap, karena ususnya Masih belum matur, jadi alangkah baiknya untuk sementara ini asupan utama masih susu saja. Saya beri merk susu tinggi kalori berikut jam-jam pemberiannya”

Oooo… pantes *batin gue ama suami*

Sat set sat set, dapatlah saya vitamin yang isinya tablet semua (karena lagi marak gagal ginjal akut akibat sirup) banyak macem dan jumlah. Diberilah juga saya resep susu tingkal dan jam-jam pemberiannya.

“HARUSSS HABISSS YA BU SUSUNYAA, gimanapun caranya HARUSSS HABIS, jangan sisa meski cuma 10ml, karna ini itungannya udah passss” pesan Beliau dengan penuh penekanan.

Arassoooo Arassooooo dokkkk! πŸ‘Œ

3. Trauma

Sesuai advice dok Tinuk, saya sama suami mulai ‘berusaha’ telaten untuk menyusui Ara sesuai jadwal. Kalau nggak abis ya gimana caranya susu kudu abis. Pelan-pelan sambil ngajarin Teh Wales (nanny) untuk waktu-waktu pemberian susu.

Minggu pertama? Aammaannnn…. BB naik 300 gram selama seminggu WOWW gak tuh?! Makin semangat nyusuin Ara-nya, makin optimis kalau BB Ara bisa survive tanpa NGT. Rutin juga saya beri vitamin seabrek Ara, berantem lah tiap pagi dan malem perkara minumin obat.

Bagaimana dengan minggu kedua?

Ara mulai jenuh, dia jenuh karena saya rasa dia eneg ieuh dengan susu. Kudu dijadwal dan kudu habis gimana enggak eneg?

Apalagi udah terdoktrin dok Tinuk bahwa susu harus habis! Ya saya gunakan segala cara agar susu habis. Misal saat dia nyusu habis setengah doang, setengahnya di sendokin atau kadang Ara disusuin sambil digendong. Saya sangat berusaha keras agar BB Ara naik, kenapa gitu? Karena saya takut Ara nantinya dipasang NGT :((

Minggu ketiga tiba waktu penimbangan, lalu BB berapa? Naik 50gram saja pemirsa πŸ˜΅β€πŸ’« Sampai mobil saya nangis banget sampek terisak-isak yang sulit napas itu loh. Marah-marah tapi kagak tau marah ama siapa. Terbayang wajah Ara pakai NGT kalau BB sampai stuck lagi. Pusing banget kepala mikirin BB Ara, janji banget pokoknya cukup 2 anak aja udah T______T

Bersambung : BAGIAN TIGA

***

Nulis bagian ini jadi flashback masa kecil Arsa, yang mana saya sangat sangat sangat stress juga sebab Arsa nggak mau makan. Padahal mah ya harusnya saya bersyukur, nggak mau makan tapi Arsa masih sangat mau Susu. Sekarang saya diuji dan dihadapkan dengan Ara, makan belum bisa, minum pun tak mau T______T,

One Comment

  • Fanny_dcatqueen

    Kok aku ikut emosi yaa baca part yg dokternya main terawang 🀣🀣. Nyebelin BANGETTTT memang kalo ketemu dokter begini. Yang kalo ngomong kasar, diagnosa juga kayak Tuhan aja, ngeliat doang. Trus salah pula πŸ˜‚

    Untunglah ganti dokter mba.

    Feel you waktu mba Dinny sampe nangis Krn BB aara ga banyak naik. Jangankan kebayang NGT, mungkin pas vonis jantung keluar, aku juga bisa langsung sesenggukan kali 😭. Agak trauma kalo udh denger kata sakit jantung. Apalagi adiknya suami meninggal karena itu.

    Jadi pengen baca trus kelanjutan cerita aara. Cara mba menulisnya juga story telling banget, jadi samasekali ga bosen πŸ‘. Aku seneng ketemu blog ini ☺️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *