Mom&Baby

Mom of Two

Saya nulis ini saat usia baby Aara 2 bulan dan rasanya itu CAPEEKK.

Boleh nggak sih mamak-mamak macam saya mengeluh capek T_____T beneran lo anak dua itu capek. Jam tidur saya kurang, waktu nyusuin jadi suka ketiduran. Kadang dot salah masuk ke lubang hidung. Se capek itu ya punya satu bayi dan satu toddler.

Emang paling bener itu curhat disini ya. Andai aku bisa memeluk blog kesayangan ini. Ududududududu. Curhat ama orang lain, balasan yang sangat bisa ditebak adalah “Sabarr” atau “Jangan ngeluh” Bahkan suami sempat bilang “Masa sih anak dijadikan beban?”

Please! Please! Please! Aku hanya butuh ruang untuk mengeluh. Bukan berarti aku mau buang anakku karna ngerasa anak itu beban.

Jujur, kedua anakku ini bukan tipikal anak yang susah diatur. Saya bersyukur banget karna dikaruniai dua anak sehat nan lucu serta tidak merepotkan. Tapiiii… tak dapat dinyana, punya satu bayi dan satu toddler itu lelah lo. Udah deh gak usah nyuruh emak-emak lelah untuk denial, capek yaudah capek. Kzl!

Awalnya saya mikir, ah ini kan yang kedua. Bisyaaa lah yaaa. Congkak sekali ibu-ibu. Lalu anak kedua lahir dan harus masuk nicu. Resolusi anak kedua kan awalnya tuh-nih anak HARUS ASI. Biar apa? Ya biar hemat dan gak ribet. Tiap minta susu tinggal tancep di PD dan BERES! Realitanya? Anak kedua masuk nicu dan harus minum asi perah :’) Yaudah nambah tugas saya yakni : Pumping tiap 2 jam.

Lalu, saya juga harus ngejar karir kan. Tes CPNS yang belum usai. Tinggal satu kali tes padahal saya baru melahirkan. Badan sakit semua, belom lagi momong toddler lucu yang maunya apa-apa harus sama Mama. Duh menggemaskan sekali T____T

Si Toddler

Semula saya sok tegar. Saya merasa bisa kok sambil momong bayi, momong toddler, nyusuin bayi, pumping, belajar persiapan tes, gitu saya bisaaaa. Makan, tidur, mandi ama ee nggak diitung padahal kalo dijadikan satu 24 jam masih kurang. Kemudian realitanya, belom selesai nyusuin udah tiba waktu pumping. Udah pumping eh bayi bangun. Kadang udah selesai pumping, bayi tidur, si kakak bangun. Bahkan saya skip lo jadwal mandi ama ee. Tiap kebelet ee saya tunda aja karna nggak ada waktuuuu. Mau kentut juga mana sempat. Sampai ada masa dimana saya ogah pumping. Bodo amat anak bayi mau minum apa intinya saya ogah pumping. Mau tidur aja dulu bentar. Dan kemudian, setelah ogah pumping – terbitlah bendungan asi hahaha.

Waktu pertama kali Aara sampai rumah (keluar dari Nicu), Aara nggak boleh banget kena kipas angin atau AC yang terlalu dingin. Ingat, Aara baby IUGR. Jadilah saya dan suami tidur di ruang tamu nemenin Aara. Panas keringetan engap jadi satu buat jagain Aara. Jam 9 malam sampai jam 4 pagi saya tidur disamping Aara, jam 5 saya pindah ke kamar kakak karna jujur, saya kangen. Tapi ya gitu deh, belum sempurna merem, si kakak udah jail bangunin Emaknya.

Pernah suatu pagi saya lihat suami saya tidur. Ganteng banget pas tidur, kayak nggak ada beban. Pura-pura lupa gitu deh kayaknya kalau anak bayi belum mik susu, kalau saya juga harus pumping, kalau toddler belum mandi pagi, saya juga pingin pipis nggak keturutan dari subuh. Saya liatin muka suami yang tampan dan tanpa beban. Sleeping handsome ku. Terus saya nangisss. Hahahaha. Nangis lah, kan saya iri liat suami bisa tidur ganteng gitu nggak ada beban. Saya pindah ke ruang tv, liat bapak saya juga tidur dengan tersenyum. Makin jadi nangisnya. Merasa semua orang tidak ada yang mengerti gimana perasaan emak-emak babyblues ini. Sekaligus heran, bisa yaaa para cowok ini tidur nyenyak tanpa beban.

-_________-“

Minggu awal Aara lahir ada Bapak Ibu saya di rumah nemenin. Ibu saya kekeuh pingin bawa si kakak ke kampung buat ringanin beban saya. Lah saya baper langsung nolak “Jangann.. udah disini aja. I can do it!” Pertama, saya nggak bisa jauh dari si kakak. Kedua, kok rasanya saya buang si kakak setelah si adik lahir. Kan saya baper T____T

“Bentar aja ibu bawa, nanti aku jemput si kakak setelah kamu selesai ujian. Kalo kakak nggak dibawa, pas kamu ujian dia sama siapa? Aku nggak bisa megang dua anak balita sekaligus” bujuk suami waktu itu.

Akhirnya jadilah si kakak dibawa neneknya ke kampung selama saya menjelang ujian. Dan bener aja, kakaknya di kampung pun saya masih kalang kabut nggak bisa ngerjain semua jadi satu. Belum selesai pumping si Aara bangun minta susu, belum belajar juga saya ikutan ngantuk karna semalam begadang. (Iya aku mengeluh terus karna tujuan bikin blog kan buat mengeluh, ada yang protes? *galak* hahaha)

*

Dan sekarang, setelah kelar ujian dan alhamdulillah saya lulus. Saya jemput si kakak. Udah kangen berat sekaligus sadar banget bakalan adaptasi lagi dari awal. Saya yang kemarin megang satu bayi doang bakalan adaptasi lagi dengan adanya toddler gumush ini. Masih bingung jadwal tidur. Si kakak tidur harus mati lampu, si adik kalo lampu mati panik wkwkwk. Terus jadwal tidur saya juga berantakan, biasanya tiap Aara tidur saya ikut tidur, sekarang nggak bisa. Ada kakak yang harus di stimulasi T____T

Lagi-lagi stress karna toilet training gagal. Stres nambah karna overthinking tiap BB Aara nggak naik-naik. Mandi 2 hari sekali karna seenggak sempet itu. Skincare an? Boro-boro! Suami kadang juga ikut cranky kalo Aara ngajak begadang. “ADUH SAMPAI KAPAN KITA BEGINI”

“Cepet SD yuk sayang” sounding suami di telinga Aara, hahaha. Kalau saya sih soundingnya semoga mereka berdua sehat terusss. Karna kalau sakit bakalan lebih repot 10x lipat dari ini *cry*

Keren sekali para ibu-ibu yang anaknya tiga bahkan lima,wow! Kemaren saya liat story wa teman yang anaknya lima, katanya anaknya sakit bapil dan gantian sakitnya. Harus begadang banget gantian ama suami. Duh sungguh emejing sekali mental temen saya itu T_____T . Anak lima tapi masih sempet-sempetnya jualan masakan jadi secara online. Tydack pernah mengeluh macam saya ini yang baru punya anak dua.

*

Sekian dulu ngeluh dan meso-meso nya karena ternyata si anak lanang belum mandi -____-” Permisiiii, saya mau mandikan anak lanang dulu. Missiìii…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *