Mom&Baby

Sariawan Bawah Lidah

Sejujurnya, tulisan ini ditulis oleh seorang ibu dan istri yang baperan, parnoan,  dan overthinking. Iya,  aku parnoan tiap kali ada anggota keluarga yang sakit.  Waktu Endog bintitan, aku parno. Parno karena takut kalau bintit berubah jadi tumor,  naudzubillah. Sekarang aku lagi sariawan juga parno,  parno takut kena kanker lidah 〒_〒 *jangan ditiru*

Jadi ceritanya, pasca Endog demam seminggu,  muncul sariawan di bawah lidah.  Nggak tau karena kegigit,  atau karena memang lagi PMS menjelang menstruasi, yang jelas terasa sakitnya waktu lidah digoyang-goyang ke kanan dan kiri. Waktu diintip di depan kaca, warna bawah lidah dekat rahang bawah memerah dan ada sedikit lesi.  Pantes aja nyeri, ternyata sariawan.

Malam harinya,  waktu lagi duduk-duduk di depan TV.  Nggak sengaja aku dongak ke atas (lihat lampu kok rasanya makin redup) . Eh nyeri!  Sakit banget bagian leher. Diraba, ternyata bengkak huhuhu *panik* Pelan-pelan aku raba dibenjolan halus bawah dagu, iya nyeri!  Nyerinya dari situ. Kesalahan pertamaku adalah,  berusaha mendiagnosa sendiri.  Aku cari di internet terkait Benjolan bawah Dagu. Nggak dapet jawaban yang memuaskan. Ada banyak kemungkinan.  Bisa batu kelenjar ludah, bisa juga kelenjar getah bening yang membengkak. Karena parno dan nggak tenang (aku parno dengan segala hal yang bernama ben-jo-lan) langsung saja aku meluncur ke klinik terdekat dari rumah.

Setelah sampai klinik dan diperiksa ini itu. Dokter resepin antibiotik, antiradang dan antinyeri.  Katanya,  bisa jadi infeksi dari sariawannya itu dan itu wajar.  Huft, lega. Sampai rumah aku minum antibiotik rutin, antiradang juga,  dan antinyeri saat nyeri saja.

Beberapa hari setelah konsumsi antibiotik dan lain-lain, benjolan yanh di bawah dagu berangsur hilang, alhamdulillah. Tapi sariawan belom ada perubahan. Biasanya sariawanku sembuh waktu dikompres ama vitamin C. Nah,  karena sekarang letak sariawannya di bawah lidah,  aku kesulitan untuk kompres.  Susah -___-“

Setiap kali tanya teman tentang obat apa yang manjur untuk sariawan, jawaban terbanyak adalah Kenalog. Tapi sayang, rasanya aku nggak cocok.  Dulu pun waktu sariawan dioles kenalog tetep aja masih sakit. Sayangnya lagi, sudah tau nggak cocok,  tetep aja beli kenalog.

(╥﹏╥)

Merasa nggak cocok pakai kenalog. Aku coba cari tau lewat grup ibu-ibu. Rata-rata emang nyaranin kenalog,  lalu ada yang bilang pakai madu, pakai ramuan china yang bubuk, pakai nystatin juga.  Kalau nistatin sih setauku khusus untuk sariawan yang disebabkan jamur.

Foto dari Google

Nah seperti itu penampakan bubuk china yang katanya manjur untuk sariawan.  Bulan lalu waktu sariawan di gusi atas sempat coba bubuk ini. Waktu aku meluncur ke toko Obat Shin She, idih harganya murah banget hahaha.  Muraaaah banget. Jadi ragu,  bener bisa beresin sariawan apa nggak nih. Nggak sampai 10ribu dong. Karena reviewnya bagus-bagus dan sebagian besar mereka bilang cocok.  Yaudah lah beli aja,  toh ini kan bahan herbal.

Pertama kali dicocol ke luka sariawan.  Rasanya dingin anyes dan paitt! Cocok dipakai sebelum tidur dan katanya nggak masalah kalau tertelan.  Bisa juga dijadikan obat radang tenggorokan. Sampai tiga kali tabur ke luka sariawan,  akhirnya luka sariawan mengecil dan menyusut. Yess!

Nah,  malam kemarin waktu kesakitan karena sariawan dibawah lidah, nggak ada stok obat atau salep buat meredakan nyerinya.  Diluar hujanpun jadi mager mau ke apotik sambil hujan-hujanan.  Ketemu madu yang rutin diminum Arsa (Endog).  Coba sih dioles pas di atas lesi sariawan.  Srenggg…  Rasanya perih. Kok nggak ada yang bilang kalau dioles madu itu perihhh T____T . Perih sebentar lalu aku nyusul Endog tidur malam.

Pagi harinya rasa nyeri karena sariawan mulai berkurang. Waktu ngaca,  WAAHHH MENGECIL!  Cepet banget padahal satu kali tetes doang.  Warna putihnya mengecil,  radangnya juga hilang.  Huhuhu terharu. Kenapa kemaren-kemaren dianjurin pakek madu cuman angguk-angguk doang tanpa action hahaha. Tau gitu kan…  Ah yasudahlah.

***

Tentu aja respon tiap orang berbeda-beda.  Aku cocok,  belum tentu orang lain juga cocok.  Konsultasikan dengan yang lebih ahli. Kalau sariawan dirasa sangat mengganggu, langsung aja ke klinik gigi terdekat ♡

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *