Mom&Baby

Rekomendasi Madu Terbaik

Di postingan sebelumnya aku pernah cerita kalau aku sering sekali sariawan. Tiap bulan sih rasanya. Biasanya setiap sariawan dikompres vitacimin aja udah beres. Nah kejadian kemaren ini sariawannya agak ‘parah’. Sampai kelenjar getah beningnya membesar. Sudah ikhtiar pakai obat-obatan tetep aja belum hilang sariawannya. Pakai kenalog makin radang, pakai minosep, pakai aloclair, pakai bubuk china segala macam lah BYEEEE pokoknya nggak ada yang beres. Yang terakhir pakai madu! sekali pakai (beberapa tetes dalam sehari) besoknya langsung kempes. *terharu*

[Baca Juga : Sariawan Bawah Lidah]

Aku balik lagi ke dokter gigi. Lalu kata dokter gigi, madu memang lebih efektif ngobatin inflamasi daripada tricolone.

Cara milih madu juga nggak sembarangan pilih. Harus madu murni tanpa proses pasteurisasi. Biasanya di kemasan madu (kalau kita belinya di superin**) itu ada tulisannya Madu mentah bla bla bla. Hati-hati pilih madu jangan sampai di dalam madu terlalu banyak campuran gula atau air. Kemaren aku sempet salah beli madu. Harusnya beli madu murni, malah beli madu yg banyak campurannya. Hasilnya, sariawan tetep betah di lidah. Hiks.

From Google

Clover Honey ini viral banget di medsos.  Ibu-ibu cerita “Aku dan anak-anakku tiap hari konsumsi clover honey.  Bagus bangettt buat bla bla bla”. Sempet penasaran sama clover honey,  mau coba sekalian kan kemaren sariawan.  Soalnya mereka bilang ampuh banget untuk mencegah flu. Lagi radang tenggorokan, minum clover honey,  nggak jadi batuk.  Langsung ilang radangnya. Anaknya kena luka bakar,  oles-oles di lukanya,  sembuh. Eh tapi bertahap ya,  nggak mak cling!

Clover Honey ini berasal dari tanaman semanggi (clover). Tekstur agak beda ama madu lain.  Dia lebih ke kuning cerah.  Kandungan gulanya tinggi. Katanya sih udah gampang ditemuin di toko offline.  Tapi aku tak menemukannya dimanapun wkwkwk.

Untuk harga,  mayan mahal. Karena aku adalah mama-mama irit,  harga bener-bener jadi pertimbangan. Harganya sekitar Rp. 385.000/500 gramnya. Harga segini aja masih ada lho istri-istri sultan yang beli Clover Honey sebagai masker wajah. -_-#

From Google

Sesuai namanya, Kaliandra.  Diambil dari sari bunga kaliandra.  Tekstur agak cair,  apalagi kalau panen di musim hujan. Warnanya kuning mirip minyak goreng. Waktu aku cari di supermarket nggak ketemu-ketemu karena kupikir dia minyak :((

Untuk harga madu Kaliandra yakni sekitar 85.000 per 600 gram.

Madu Uray kemasan botol/by shopee

Nah ini dia madu Grade A.  Katanya terbaik se indonesia sih. Udah banyak dijual di mall-mall. Madu Uray ini berasal dari Indonesia.  Diproduksi oleh Lebah Apis Dorsata yang banyak terdapat di hutan tropis. Jika Madu Manuka adalah Raw Honey andalan dari New Zealand. Madu uray ini raw honey andalan Indonesia.  Diambil di hutan alam pedalaman Sulawesi dan dijamin keasliannya.  Tanpa melalui proses apapun dan tanpa campuran APAPUN.  Kemasannya lucu, bahkan ada kemasan stick :)) Aku kemarin beli yang kemasan stick, satu stick aja sariawan udah minder wkwkwk.

Harganya murraahh.  Nggak mahal-mahal amat. Harga Rp 88.000 per 450 gram madu.  Untuk sticknya,  per box sekitar 30ribu.

Madu Al-Shifa ini madu dari Arab.  Diproduksi dari sari kurma,zaitun dan habbatussauda. Aku tau madu ini dari tetangga dan orang-orang bilang ini bagus. Madunya kental dan rasanya enak.  Lebih enak daripada madu Uray (menurutku lo ya). Kandungan airnya lebih sedikit dibanding madu indonesia. Madu ini juga udah dapet sertifikasi Saudi Arabian Organisation (SASO)  dengan kualitas yang terjamin.

Awalnya mau beli ini aja, tapi kata tetangga kemasan kecil nggak ada.  Adanya kemasan gede doang. Yaudah aku beli online Madu Uray. Pas lagi jalan-jalan ke alfamart, ternyata mereka jual al-shifa dong.  Akhirnya aku beli Al-shifa offline yang ukuran kecil, beli madu TJ juga, terus beli Madu Uray online wkwkwkwk.  Mampus!

***

Meski aku beli tiga madu di rumah.  Semuanya khasiatnya sama. Asal madunya asli. Malah salah satu member pecinta honey bilang,  mereka biasa pakai madu tanpa merk yang diambil langsung dari hutan. Waktu pakai madu uray sebelum beli Al-shifa,  sariawan langsung kempes.  Waktu konsumsi Al-Shifa pun sariawan makin hilang. Endog yang awalnya sembelit,  ikutan coba Al Shifa langsung pupping :))

Untuk keaslian madu,  nggak bisa diliat dari madu-yang-dikerumunin-semut atau nggak.  Bahkan madu murni pun bisa jadi dirubung semut. Dan semua pakar madu sih sudah setuju dengan hal ini.

*Udah ya, udah bingung mau lanjut nulis apa* bye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *