Cerita tentang Kita,  Mas Irul

LAMARAN

Jeng jengg…

Tiba waktu lamaran antara saya dan ApelMerah.  Ah tapi ini kan lamaran kedua,  jadi B aja lah.  Udah pernah kok wkwkwkwk.  Baca deh coba kisah perjodohan saya dengan MAS KUMBANG hehe.

Sebenernya banyak banget lika-liku menjelang lamaran dan selama lamaran.  Berusaha untuk tidak overthinking tapi nggak bisaaaaa.  Tolonggg.  Saya tipikal orang yang terlalu mikirin apa kata orang.  Jadi waktu ApelMerah mau datang bareng keluarga besarnya, saya jadi overthinking yang “eh gimana ya kata tetangga klo tau saya lamaran dua kaliiiii”

Padahal ini baru lamaran yang dua kali.  Apalagi kalo nikah dua kali, hiii

Seperti yang saya ceritakan di postingan Sebelum ini, kata-kata ApelMerah yang ambigu bikin saya bingung harus pakai kostum apa.  “Aku perlu dandan nggak ya kayak orang-orang yang tunangan pada umumnya?  Eh jangan dinggg,  kan nggak tau ini lamaran apa bukann” stress.  Bingung pilih baju karena takut salah kostum.  Mau pakai baju gamis yang biasa aja juga takut salah,  takutnya keluarga calon suami dandan cantikkk2, terus ApelMerah dandan ganteng,  saya buriq sendiri. Kan kesell!

Sebenernya saya sudah tanya ApelMerah,  main kesini berapa orang?  Tujuannya apa?  ApelMerah kan jawabnya “Ya main aja,  jangan kira aku ngajak kamu nikah lo ya” NAH KAN … NAH KAN …. berarti bukan lamaran kan.  Yaudah cuss saya beli gamis dibayar tunai. 

Besok harinya…

Keluarga besar ApelMerah rencana berangkat dari kediaman sebelum subuh.  Biar nanti pulangnya juga nggak kemalaman.  Lumayan jauh jarak tempuhnya,  bisa 9-10 jam.  Sebelum berangkat mereka foto,  terus ApelMerah ngirim hasil foto by BBM.  Lahh,  ternyata mereka bawa seserahan banyaakkk.  Ya berarti lamaran kan yaaaaa!!!  Yaudah terlanjur beli gamis mau gimana lagi dong 〒_〒

Ba’da subuh ada kabar dari keluarga calon,  kalau ternyta ada ban bus rombongan pecah.  Itu masih jam 4 subuh.  Gelap,  nggak ada mobil cadangan.  Dilihat dari fotonya,  beberpa penumpang terlihat golar goler di masjid nunggu kepastian keberangkatan.  Terussss aja sampek jam 10 siang nggak ada tanda-tanda mereka dapat pinjaman mobil.  Akhirnya perwakilan dari keluarga ApelMerah telpon orang tua saya.

“Kayaknya batal kesana bu, belum dapat bus pengganti.  Mohon maaf ya pak,  bu”

Pingin nangis rasanya, ibu saya juga keliatan mau nangis hahaha.  Udah masak banyaakk banget mirip acara nikahan.  Prasmanan pula.  Siapa yang makan kalau keluarga ApelMerah nggak jadi datang 🙁 . Sebenernya bisa dibagi – bagi ke tetangga sih,  tapi tetep aja pingin nangiss. 

Saya diam di kamar,  suara bapak bilang ke ibu “Usahakan datang aja,  dua orang juga gak papa.  Asal jadi kesini.  Kasian genduk” Genduk itu saya maksudnya. Laaa malah nangis ambyar denger bapak ngomong gitu.  ApelMerah juga cuman bilang “Sabaarr ya sayang,  ya gimana lagi” bahhh. 

Mulai overthinking terus mikir,  apa nggak jodoh ya? Kok ada aja halangan.

Jam 11.00 ada kabar baik,  ternyata mereka sudah dapat sewa bus pengganti.  Cuss berangkat lah mereka ke sini nempuh perjalanan nggak sampek 9 jam. Ibu saya kembali prepare makanan. Saya tiduran aja,  deg deg an soalnya, deg degan dan malu. Mau dandan sekarang juga mereka datengnya masih nanti-nanti.  Daripada luntur.

***

Menjelang maghrib,  rombongan ApelMerah datang.  Saya sudah rapi pakai gamis. Dandan sebisanyaa. Waktu itu masih belom bisa dandan kan (sekarang juga belom bisa ding) . ApelMerah juga pakai kemeja biasa.  Semua pakai baju biasa,  terus sodara saya nyeletuk “Loh,  sana mandi biar acara cepet dimulai” wtf!  padahal saya udah mandi,  udah dandan huhuhu. 

Saya dan keluarga nyambut rombongan ApelMerah di depan gerbang.  Haduh deg deg an bangett.  Deg deg an ama tatapan tetangga maksudnyaaa.  Baru berapa bulan udah lamaran lagi.  Lamarannya sama sama gede pula wkwkwk.  Waktu ApelMerah turun dari mobil,  wuih wajahnya glowing,  shining,  swimming. Pokoknya mah masalah perawatan wajah,  saya acungin jempol.  Ibu-ibu di barisan belakang saya bisik-bisik berisik “Ih mirip ya kalian,  mirippp” bahh,  dulu waktu lamaran ama yang sono juga di bilang mirip.  Cihh..  Saya kebal buuu.  KEBALL!

Setelah makan bersama rombongan ApelMerah,  acara pertunangan dimulai.  Iya ternyata ini tuh acara lamaran, nggak tau deh kenapa kemaren ApelMerah bilangnya begitu.  Acara pertunangan berjalan biasa aja,  canda senda gurau seperti biasa.  Saya dan ApelMerah juga curi-curi pandang. Ehem.  Nggak ada tukar cincin,  padahal saya udah latihan pose dipakaikan cincin sama calon ibu mertua.

Setelah selesai ngobrol ngalor ngidul, semua rombongan solat. Saya sama ApelMerah curi-curi foto bareng. ApelMerah juga lebih berani sih jawil-jawil. Nggak jaim kayak sebelum lamaran. Ibu saya foto-foto bareng sama calon besan. Bapak saya juga pedekate sama calon besan. Yang lain gantian solat lalu siap-siap pulang.

Tampak luar, suasana di rumah lebih mirip acara arisan keluarga dibanding acara pertunangan. Nggak ada yang spesial seperti sesi foto, pakai kebaya seragam, tukar cincin, dekorasi romantis. TAPIII Saya happy, ApelMerah happy. We both are still HAPPY ♡

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *